Cara Memilih Baju Batik Yang Berkualitas Baik

Baju batik adalah busana kebanggaan, karya seni, warisan budaya, dan identitas bangsa Indonesia dengan beragam corak, warna, dan jenis kain yang memiliki khas tersendiri di setiap daerah. Pelestarian kain batik sudah menjadi trend dikalangan pemuda-pemudi sehingga kesan kolot, tua, dan tidak gaya yang dulu sempat tersemat pada baju batik sekarang sudah mulai berubah kesan menjadi keren, gaya, dan selalu menjadi baju pilihan yang populer. Kepopuleran baju batik yang semakin meningkat membuat para produsen batik berlomba-lomba membuat baju batik yang berkualitas tanpa menghilangkan ciri khas dari batik tersebut. Baju batik tradisional memiliki motif khas makna simbolik dalam setiap coraknya, motif variatif seperti (pagoda, ular, barong, serta geometris), memiliki warna yang gelap, dan memiliki ciri khas khusus setiap daerah. Sedangkan baju batik modern berciri khas tidak terlalu simbolik, memiliki banyak motif (bunga, tumbuhan, dan lain-lain), memiliki warna yang cerah dan bebas, serta tidak terikat dengan ciri khas setiap daerah.

Baju batik berkualitas memiliki tiga langkah teknik pembuatan, yaitu:

1. Teknik Batik Cap

Sesuai dengan namanya, teknik batik cap diproses dengan cara pengecapan. Dicap dengan tembaga yang sudah berbentuk sebagai motif batik. Teknik batik dengan cara pengecapan memerlukan waktu dua sampai tiga  hari.

2. Teknik Batik Lukis

Kain putih dilukis sesuai motif, kemudian dilakukan proses pencantingan (bias juga menggunakan media pelepah, kuas, sapu lidi, pisang, dan kapas), selanjutnya proses pewarnaan yang  menggunakan cara pencelupan atau colet bahkan cara keduanya bisa digabungkan, dan yang terakhir proses pelorotan setelah melalui tiga rangkaian proses sebelumnya kain dicelup ke air mendidih, lalu keringkan maka jadilah kain batik lukis yang indah.

3. Teknik Batik Tulis

Teknik batik tulis pembuatannya melalui rangkaian proses yang lama karena menggunakan tenaga manual dengan  ketelitian tangan dan kesabaran menulis di kain yang bisa menghabiskan waktu dua sampai tiga bulan. Kain batik dengan teknik tulis ini menjadi kain batik populer di kalangan eksekutif karena harganya yang paling mahal dibandingkan kain batik cap dan kain batik lukis.

5 Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Dalam Memilih Baju Batik

Ada lima tips memilih baju batik berkualitas selain memahami kain batik berdasarkan teknik pembuatannya, yakni:Tips Memilih Baju Batik Yang Berkualitas

1. Ukuran baju batik

Memilih baju batik yang berkualitas ukuran menjadi hal paling mendasar yang harus diperhatikan, karena ukuran yang sesuai dan pas bisa menciptakan kenyamanan bagi si pemakai untuk bergerak tanpa adanya batasan sehingga penampilan terlihat begitu elegan dan maksimal.

2. Bahan batik

Memilih baju batik berkualitas berdasarkan bahan batik yang tepat akan menampilkan kesan yang berbeda dari si pemakai. Jika untuk bersantai pilih saja bahan batik katun karena lebih dingin dan maksimal menyerap keringat. Sedangkan bahan batik material sutra, silk, dan sifon lebih cocok digunakan untuk baju acara resmi atau pesta.

3. Jahitan baju batik

Perhatikan kekuatan dan kualitas jahitan dalam memilih baju batik, proporsional atas dan bawah, dan simetris antara jahitan sebelah kiri dan kanan.

4. Motif dan warna batik

Memilih baju batik berkualitas, pilihlah motif dan warna batik sesuai selera yang disukai. Hal ini bisa menambah percaya diri bagi si pemakai, dan yang paling penting jangan pilih kain batik mudah luntur yang bisa menghilangkan motif dan warna dasar dari bahan batik tersebut. Secara umum kain batik mengalami luntur pada dua sampai tiga kali pada proses pencucian tapi tidak menghapus atau menghilangkan motif dan warna dasar kain batik dan  masih terbilang normal, dikarenakan adanya proses pelepasan sisa-sisa bahan yang diaplikasikan ke kain batik.

5. Tema baju batik

Tema baju batik yang sesuai dengan alasan mengapa kita menggunakan tema model baju batik tersebut. Sebelum membeli baju batik pastikan dulu niat membeli baju batik itu akan digunakan dalam acara apa? Untuk pesta, kerja atau kegiatan sehari-hari. Dan untuk model baju batik yang akan digunakan di acara-acara tersebut anda bisa mencari referensi model baju batik di internet.

Mahal atau murahnya baju batik bukanlah patokan bahwa baju batik itu berkualitas atau tidak. Jangan lupakan lima tips di atas agar baju batik yang kita gunakan terkesan atau terlihat berkualitas.

Nah, itulah tadi 5 tips memilih baju batik berkualitas yang bisa kamu praktikkan sendiri ketika membeli model baju batik agar tidak salah pilih. Semoga bermanfaat, ya !